Desember 18, 2009

Software Pembangun Database

C + + Builder
Dari Wikipedia

C++ Builder adalah pengembangan aplikasi cepat (RAD) lingkungan, yang dikembangkan oleh Borland dan sebagai tahun 2009 dimiliki oleh CodeGear anak perusahaan Embarcadero Technologies, untuk menulis program-program di C + + programming language. C++ Builder mengkombinasikan Visual Component Library dan IDE ditulis dalam Delphi dengan C++ compiler. Siklus rilis Delphi adalah sedemikian rupa sehingga mendapat tambahan besar pertama, dengan C + + Builder berikut. [1] Sebagian besar dikembangkan dalam Delphi komponen dapat digunakan dalam C + + Builder tanpa modifikasi, meskipun kebalikannya tidak berlaku.
C++ Builder termasuk alat yang memungkinkan benar seret-dan-drop pengembangan visual, membuat pemrograman lebih mudah dengan memasukkan sebuah WYSIWYG GUI pembangun ke dalam IDE.
C++ Builder pada awalnya dikembangkan oleh Borland untuk Microsoft Windows sistem operasi saja. Versi sebelum digunakan 6,0 OWL sebagai kerangka aplikasi; kemudian dimasukkan Borland versi VCL dan CLX, cross-platform pengembangan perpustakaan komponen visual didasarkan pada Qt, yang mendukung Windows dan Linux.
Dirilis pada tahun 2003 Borland C + + BuilderX (CBX), yang ditulis dengan menggunakan kerangka kerja yang sama seperti JBuilder dan tidak mirip dengan kedua C + + Builder atau Delphi. Produk ini ditujukan untuk mengembangkan program untuk perusahaan besar, tapi tidak menjual dengan baik. Pada akhir tahun 2004 Borland mengumumkan bahwa mereka akan terus mengembangkan sebelumnya C + + Builder dan bungkusan dengan Delphi suite pembangunan, meninggalkan C + + BuilderX.
Sekitar setahun setelah pengumuman dirilis Borland Borland Developer Studio 2006 yang mencakup Borland C + + Builder 2006 yang menyediakan manajemen konfigurasi peningkatan dan perbaikan bug. Borland Developer Studio 2006 adalah satu paket berisi kuat Delphi, C + + Builder, dan C # Builder. Pada tahun 2006 Borland Developer Tools Group, pengembang dari C + + Builder, dipindahkan ke anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, CodeGear.
Dirilis pada tahun 2007 Borland C + + Builder 2007, menyediakan dukungan API penuh untuk Microsoft Vista, peningkatan ANSI C + + kesesuaian, hingga 500% lebih cepat dalam membangun IDE kinerja, dukungan untuk MSBuild, database DBX4 arsitektur, dan "VCL untuk Web" yang mendukung AJAX. API dukungan untuk Microsoft Vista termasuk aplikasi dan lancar bertema dukungan VCL dan Vista Aero Desktop. CodeGear RAD Studio 2007 mencakup C + + Builder 2007 dan Delphi. Juga pada tahun 2007 Borland menghidupkan kembali "Turbo" dan merilis dua merek "Turbo" edisi dari C + + Builder: Turbo C + + Profesional, dan Turbo C + + Explorer (tidak lagi tersedia dari CodeGear), didasarkan pada Borland C + + Builder 2006.
Pada tahun 2008 dibeli oleh CodeGear Embarcadero Technologies, yang meneruskan pembangunan. C++ Builder 2009 merupakan dirilis pada bulan Agustus 2008, dengan perbaikan yang paling menonjol yang penuh dukungan Unicode di seluruh VCL dan RTL, adopsi awal C + 0 x standar, penuh ITE (Integrated Translation Environment) dukungan, asli Ribbon komponen dan dimasukkannya dari Boost perpustakaan. Sebuah versi masa depan dari C + + Builder (CODEC Komodor) akan mendukung x86-64 dan x86-64 membuat kode asli.


Oracle 10g
Oracle 10g merupakan produk terbaru dari oracle setelah oracle 9i. Pada dasarnya oracle 10g menyediakan peranti lunak untuk grid computing dengan menyediakan Application Server 10g dan JDeveloper 10g Preview setelah meluncurkan aplikasi Database 10g di Indonesia awal bulan ini.
Application Server 10g adalah peranti lunak middleware sedangkan Database 10g merupakan aplikasi untuk mengelola pusat data. Keduanya dirancang untuk grid computing dan ditujukan bagi perusahaan yang menjalankane-business.

Berbeda dari kedua aplikasi tersebut, Oracle JDeveloper 10g -yang saat ini masih dalam versi Preview, ditargetkan untuk kalangan pengembang. Fungsinya antara lain untuk membangun web-services berbasis J2EE pada enterprise grid.

Oracle sudah mempublikasikan harga Application Server 10g antara US$5.000 - US$20.000 per prosesor tergantung pada edisi yang digunakan, yakni Java Edition, Standard Edition dan Enterprise Edition.

Oracle 10G diatas Linux catat rekor TPC-H

Oracle Database 10g berukuran 1 terabyte (TB) diatas sistem operasi Linux membukukan rekor baru kecepatan transaksi berdasarkan satuan ukuran Query-per-Hour Performance Metric (QphH).

Konfigurasi tersebut mencatatkan nilai 9.950.7 QphH@1000GB dan menunjukkan skalabilitas Oracle untuk pekerjaan data warehouse pada Linux menggunakan teknologi clustering. Sistem yang diukur adalah Lenovo Cluster Server DeepComp 6800 empat node, masing-masing dengan empat prosesor Intel Itanium 2 1.3 GHz, menjalankan Oracle? Database 10g dengan Real Application Clusters dan sistem operasi Linux.

Hasil pengukuran itu adalah kolaborasi antara Lenovo ?produsen peranti keras di Cina, Pusat Pengembangan Oracle di Beijing, dan Server Technologies Group dari Redwood Shore, California.

Kevin Walsh, kepala Oracle China development center sekaligus wakil presiden Internet Technologies, Oracle Corp, menjelaskan pengukuran itu merupakan yang pertama kali dilakukan menggunakan database berukuran 1 TB (1.000GB). "Oracle bekerja sama dengan mitra, seperti Lenovo, untuk menghasilkan performa yang maksimal, memungkinkan pelanggan mencapai target bisnis dan finansial mereka dengan lebih mudah,"katanya.

TPC-H adalah benchmark yang meliputi sebuah paket pertanyaan ad-hoc berorientasi bisnis dan modifikasi data serentak (business oriented ad-hoc queries and concurrent data modifications). Metrik performanya disebut TPC-H Composite Query-per-Hour Performance Metric (QphH@Size) dan menggambarkan aspek berganda dari kemampuan sistem untuk memproses pertanyaan.

JDeveloper 10g, Kembangkan Java di Grid

Produsen database terkemuka, semakin serius menuju Grid Computing. Ini didukung dengan adanya piranti pengembang Java, JDeveloper 10g.

Piranti itu bernama lengkap Application Development Framework (ADF) Oracle JDeveloper 10g. Tujuannya untuk membantu pengembangan aplikasi Java pada lingkungan grid.
Berdasarkan definisi realitygrid.com, komputansi Grid (Grid Computing) adalah sebuah upaya menghadirkan lingkungan komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer tanpa perlu mempermasalahkan dimana lokasi (fisik) file atau sumberdaya yang digunakannya.

Impian grid itu yang hendak diwujudkan oleh Oracle melalui sistem database yang baru saja diluncurkannya, Oracle 10g. Kini, dengan adanya ADF JDeveloper 10g, Oracle mengharapkan bisa lebih banyak menarik minat pengembangan aplikasi di lingkungan grid.
Upaya itu disambut baik firma analisis Gartner. Mark Driver, Wakil Presiden Gartner, menyebut grid computing sebagai hal yang penting bagi sebuah perusahaan.


Visual Basic 6.0
Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah- perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).
Pengenalan Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis GUI ( Graphical User Interface ). Visual Basic merupakan event-driven programming yang berasal dari BASIC, artinya program menunggu sampai adanya respon dari user berupa event/kejadian tertentu ( tombol diklik, menu dipilih, dll ). Ketika event terdeteksi, event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan.
Sejarah singkat Visual Basic:
diperkenalkan pertama kali tahun 1991 yaitu program Visual Basic
untuk DOS dan untuk Windows.
Visual Basic 3.0 dirilis tahun 1993
Visual Basic 4.0 dirilis pada akhir 1995 ( tambahan dukungan
untuk aplikasi 32 bit )
Visual Basic 6.0 dirilis pada akhir 1998
Microsoft umumnya membuat tiga edisi Visual Basic yaitu:
- Standard Edition : merupakan produk dasar
- Professional Edition : berisi tambahan Microsoft Jet ata
Access Engine ( database ) dan pembuatan server OLE
automation
- Enterprise Edition : adalah edisi client server.
Definisi Visual Basic
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi eksternal tambahan.
Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.