Desember 20, 2009

Unsur-unsur Dakwah

Unsur-unsur dakwah dalam kaitannya dengan sistem informasi dakwah, pada hakikatnya tidak memiliki perbedaan dengan unsur-unsr dakwah. Dalam Dasar-dasar Ilmu Dakwah, Pendekatan Filosofis & Praktis karya Enjang AS, unsur-unsur dakwah dalam proses dakwah terdiri dari da'i (pelaku dakwah), maudu' (materi dakwah), uslub (metode dakwah), washilah (media dakwah), mad'u (objek dakwah) dan tujuan dakwah. Semua ini adalah unsur pokok dakwah yang berarti harus ada dan tidak bisa dipisahkan dalam proses dakwah sendiri, peran masing-masing unsur amat berkaitan dan saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Ada juga yang disebut sebagai iltizam, yaitu unsur dakwah yang melekat dalam proses dakwah, yakni konteks dakwah dan respon balik atau feedback. (Enjang, 2009: 73)
Semangat memberikan kemudahan bagi pelaku dan penerima pesan dakwah mungkin merupakan salah satu atau sebagian harapan dengan adanya sistem yang memungkinkan setiap orang dengan mudah dan leluasa mengakses materi dakwah. Lewat media apapun, dakwah seharusnya mampu dihadirkan dengan indah. Sistem informasi dalam kaitannya dengan unsur-unsur dakwah, bisa jadi merupakan media 'brangkas' bagi materi-materi dakwah yang masih bersifat hard copy, atau juga receiver keluhan, tanggapan, atau sharing mad'u pada lembaga dakwah (feedback).
Saya jadi teringat dengan keinginan Ust. Yusuf Mansur untuk membangun pusat dakwah Islam yang bersifat interaktif. Para operator berjejer siap menerima keluhan, permasalahan yang dihadapi atau sekedar meminta nasihat melalui layanan telepon, seperti yang sudah dilakukan oleh saudara-saudara Kristiani kita selama ini. Saya tidak tahu apakah Ust. Yusuf Mansur sudah membangun atau barangkali mencoba sejak sekarang atau belum. Yang jelas apa yang dilakukan merupakan usaha sinkronisasi unsur-unsur dakwah dengan terapan teknologi masa kini. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.